Rental Mobil Sentani Jayapura>Tren menuliskan nama kota atau kawasan di ikon atau landmark kota tersebut dengan huruf-huruf besar sepertinya terjadi di Indonesia. Ini seperti plang papan nama besar di Hollywood, yang kemudian menjadi trade mark kawasan tersebut.

Plang papan nama ini juga terdapat di Kota Jayapura, Papua, tepatnya berada di sebuah bukit yang warga setempat menyebutnya Bukit Jayapura City. Sebenarnya ini bukan tempat wisata. Namun, karena terkenal dan memiliki pemandangan yang indah, wisatawan kerap berkunjung ke lokasi ini. Ibaratnya, belum lengkap bila sudah berkunjung ke Kota Jayapura tetapi tidak mampir ke tempat ini.

Lokasi dan akses

Lokasi obyek wisata alam Bukit Jayapura City berada di suatu daerah yang bernama Polimak. Untuk mencapai kawasan Bukit Jayapura City ini sebenarnya mudah. Wisatawan hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 20 menit bila berkendara dari pusat Kota Jayapura.

Akses menuju ke lokasi cukup mudah, namun jalanan yang akan dilalui adalah menanjak dan berkelok. Tapi tidak perlu gundah, di jalanan menanjak dan berkelok inilah wisatawan justru akan disuguhi pemandangan dan panorama indah Kota Jayapura. Di sepanjang jalan banyak rumah-rumah penduduk bergaya etnis Papua.
Cocok untuk Berfoto

Lalu sebenarnya apa sih yang ada di Bukit Jayapura City ini? Bukit ini sebenarnya memang bukan lokasi wisata. Kawasan ini sebenarnya adalah kawasan permukiman biasa yang berada di atas bukit. Selain itu karena lokasinya yang tinggi dan cukup strategis, maka di kawasan ini dibangun tiang-tiang pemancar stasiun televisi. Hampir semua stasiun televisi nasional memasang pemancar di sini untuk memberikan pelayanan hiburan dan informasi bagi warga Kota Jayapura dan sekitarnya.

Pemasangan menara-menara pemancar ini memang tepat mengingat bukit ini adalah daerah tertinggi di Kota Jayapura. Beberapa orang menyebutnya ini adalah Puncak Bukit Polimak atau Pemancar Polimak. Namun karena ada plang tulisan Jayapura City, maka tak sedikit yang kemudian menamainya Puncak Jayapura City.
Nah, bagi wisatawan, lokasi ini menjadi lokasi tepat untuk memotret Kota Jayapura dari atas. Jangan lupa untuk berfoto-foto dan selfie di kawasan ini, karena pemandangannya yang indah masih ditambah dengan pemandangan Kota Jayapura dan laut di bawahnya.

Dari atas Puncak Jayapura City ini pengunjung juga bisa melihat Pulau Kayu Batu dan Pulau Kayu Pulo. Untuk huruf-huruf bertuliskan “Jayapura City” bila malam hari akan terlihat indah karena dilengkapi lampu yang menyala.
Banyak wisatawan yang juga kerap berfoto di antara huruf-huruf ini meskipun lokasinya di kemiringan bukit yang cukup berbahaya. Mengingat lokasi di sini bukan lokasi wisata, tidak ada infrastruktur dan penjual di area ini. Jadi traveler harus membawa bekal makanan sendiri sebelum berangkat.

Share This