Pantai Base G merupakan tujuan wisata ungggulan kota Jayapura, selain lokasinya yang masih dalam wilayah kota, pantai ini pun menyuguhkan keindahan yang dapat dikatakan jarang dimiliki pantai-pantai lain di Jayapura. Pantai Base G terletak di Sebelah Barat Kota Jayapura, Papua. Pantai Base Gberlokasi sekitar 10 km dari kota Jayapura dan hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Jayapura untuk sampai ke lokasi pantai ini.

Sebenarnya pantai ini memiliki nama Pantai Tanjung Ria, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Pantai Base G. Pantai yang terletak di kawasan Tanjung Ria ini merupakan saksi sejarah Perang Dunia ke II tahun 1944, dimana pada waktu itu pasukan sekutu mendirikan basis militer di sekitar kawasan pantai ini dengan nama Base G Camp, akhirnya masyarakat seitar menyebutnya dengan Pantai Base G. Pantai Base G Papua memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah, masih alami dan asri.

Hamparan pasir putih yang lembut dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar, menjadikan pantai ini sebagai tempat yang pas bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dan melepas segala rasa stres. Apalagi jika anda mengunjunginya pada pagi hari, suguhan khas terbitnya matahari pagi pun akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Tidak berhenti sampai disitu, air lautnya yang jernih kebiruan akan ikut memantulkan keindahan matahari pagi yang berwarna keemasan.

Dibanding dengan pantai lainnya di Kota Jayapura, Pantai Base G memiliki ombak yang lebih besar karena letak geografisnya yang langsung berhadapan dengan samudra Pasifik. Namun tidak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah memasang pemecah karang sekitar satu kilometer dari pantai untuk mengurangi besarnya ombak. Dari kejauhan terlihat garis pantai yang panjang dan landai dengan air yang berwarna biru. Pantai Base G terlihat sangat elok dan indah. Ditambah lagi pepohonan hijau yang tumbuh disekitar pantai, sungguh merupakan perpaduan keindahan alam yang luar biasa mengagumkan.

Dengan keindahan yang ditawarkan, membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Selain menikmati suasana pantai yang indah dan nyaman, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, antaranya berenang, mengelilingi pantai dengan perahu, memancing ataupun menyelam. Disana terdapat pondok-pondok dan juga bangku yang dibangun warga setempat. Selain bangku terdapat beberapa jenis pohon yang tumbuh di tepian pantai sebagai peneduh, salah satunya adalah pohon keben.

Jika Anda ingin menikmati keindahan Pantai Base G Papua dengan suasana yang lebih sepi dan tenang, maka Anda dapat berkunjung ke pantai ini pada pagi hari di akhir pekan. Pada saat ini biasanya masyarakat Papua sedang menjalankan aktifitas ibadah di Gereja dan baru akan pergi jalan-jalan ketika aktifitas ibadah selesai. Tarif yang dikenakan untuk memasuki tempat wisata Pantai Base G ini cukup murah, untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp. 5.000,-* dan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp. 10.000,-*. Namun anda akan dikenai tarif parkir kendaraan yang terbilang cukup tinggi yaitu Rp. 20.000,-* untuk roda dua dan Rp. 50.000,-* untuk roda empat.

Bagi anda yang berkunjung ke Jayapura menggunakan Pesawat akan tiba di bandara Sentani dan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan JASA RENTAL MOBIL SENTANI-JAYAPURA tarif Rp. 500.000,-* sampai di pantai BASE-G

Share This