Papua adalah salah satu provinsi yang berada di paling timur Indonesia. Provinsi ini mempunyai kekayaan dan potensi wisata yang menarik dan alami dan salah satunya yang berlokasi di kota Jayapura, yaitu Kali Genyem. Lokasinya ada di Berab, Nimbokrang, Jayapura, Papua dan sering disebut Kali Biru atau Kali Biru Genyem.

Sewa mobil murah dijayapura hanya di: Rental Mobil Sentani

Akses dan biaya masuk

Obyek wisata alam ini dapat dijadikan salah satu alternatif wisata saat wisatawan berkunjung ke Jayapura. Jarak tempuh yang harus dilalui oleh wisatawan untuk mencapai tempat ini dari kota Jayapura sekitar 3 jam. Medannya turun naik melalui perbukitan dan pegunungan.

Untuk masuk ke Kali Biru Genyem, traveler yang menggunakan kendaraan bermotor dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Sedangkan bagi pengunjung yang membawa mobil dikenakan tiket Rp 50.000,00. Tergolong mahal memang, tetapi apa yang akan didapatkan oleh wisatawan sangat sepadan dengan besarnya budget yang dikeluarkan.

Panorama dan pesona wisata

Selain itu meskipun jarak tempuh yang harus dilalui terbilang cukup jauh dari kota Jayapura, tapi traveler akan disuguhi oleh air sungai atau air kali yang sangat jernih dan berwarna biru. Rasa lelah dari jauhnya perjalanan yang ditempuh akan terbayarkan lunas di wisata Kali Biru Genyem ini.

Arus air di sungai ini pun terbilang cukup deras. Bukan hanya pemandangan alamnya saja yang menarik dan menakjubkan untuk didatangi. Masyarakat atau penduduk setempat selalu bersikap ramah menyambut para wisatawan yang berlibur di Kali Biru Genyem.

Obyek wisata alam yang letaknya berada di kawasan perkampungan Genyem ini sangat dikenal oleh para pecinta alam. Selain itu, pesona wisata lain yang ditawarkan juga sangat mamikat yaitu melihat aktiviras burung cendrawasih yang merupakan satwa langka Indonesia yang habitatnya hanya ada di Papua saja.

Obyek wisata Kali Biru Genyem merupakan kawasan hutan lindung yang juga menjadi lokasi perkembangbiakan burung-burung langka lainnya. Daerahnya masih sunyi bahkan kalah ramai dengan wisata Danau Sentani yang juga berada di Genyem. Namun keasrian dan suasana yang hening justru akan membuat pikiran wisatawan menjadi tenang dan damai.

Oleh sebab itu, dijamin pelancong tidak akan kecewa bila mendatangi wisata ini. Apalagi ketika singgah di obyek wisata alam Sungai Biru atau Kali Biru tersebut, traveler juga bisa memperoleh kesempatan menyaksikan budaya masyarakat setempat. Pola hidup yang masih tradisional akan menjadi sebuah kejutan tersendiri yang selalu memunculkan rasa terkesima.

Share This